CRM merupakan suatu pendekatan sistematis dalam memanfaatkan informasi dan juga komunikasi untuk membangun hubungan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan dengan pelanggan.
CRM adalah tempat penyimpanan informasi pelanggan yang merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan (termasuk situs web), serta membuat profil pelanggan yang ada untuk siapa saja diperusahaan yang membutuhkan informasi tentang pelanggan tersebut.
Tujuan CRM antara lain sbb :
- Menggunakan hubungan yang sudah ada antara perusahaan dan pelanggan untuk meningkatkan laba perusahaan.
- Menggunakan informasi terintegrasi untuk menciptakan pelayanan yang memuaskan.
- Menampilkan konsistensi, prosedur dan proses saluran jawaban.
Empat langkah penting untuk membangun strategi CRM yang efektif yaitu :
- Mengidentifikasi karakteristik dari setiap pelanggan.
- Membuat model dari nilai setiap segmen pelanggan.
- Menciptakan strategi yang proaktif dan rencana pelaksanannya atau metoda bisnisnya, yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan, dimulai dengan segmen pelanggan yang paling potensial.
- Mendesain ulang struktur perusahaan sepanjang diperlukan, proses kerja, teknologi dan sistem penghargaan untuk pelanggan dalam rangka mengimplementasikan strategi peningkatan hubungan dengan pelanggan.
CRM cocoknya dipake di perusahaan apa ya? trus di tempat kerjanya mbak margie pake CRM juga gak?
Karena blm ada yg comment, gw jg no comment…Btw thanks buat semua usahanya….
please visit my new web in
http://www.dapatduitcepet.com
mengenai bagaimana mendapat dolar lewat adsense
CRM the bestthing to keep ur money in your pocket…it mean u always maintain u’r customer to expend their money to u’r product always …
amir quotaion lo inspiring banget…..
KAPITALIS abies..